Senyuman, Ikhtiar Bina Moral Generasi Muda di Cimahi

Notification

×

Iklan

Iklan

Senyuman, Ikhtiar Bina Moral Generasi Muda di Cimahi

Sabtu, 15 April 2023 | 11:43 WIB Last Updated 2023-04-15T04:43:57Z




NUBANDUNG.ID-Para santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah asal Bandung Raya sukses menggelar Senyuman (Serunya Menyambut Ramadhan Bersama Annaba) di SMPN 1 Cimahi. Senyuman ke-13 ini berupa pesantren kilat, sebuah ikhtiar para santri dalam mengembangkan ilmu agama Islam dan pembinaan moral generasi penerus bangsa. 


Senyuman kali ini berkolaborasi dengan 1.378 siswa SMPN 1 Cimahi, Jawa Barat, yang berlangsung selama empat hari (11-14/04/2023). Para siswa sangat antusias dan merasa dimeriahkan oleh gelaran Senyuman, karena setiap kegiatannya dikemas lebih menarik, yang memadukan nilai-nilai Islam pada unsur modern.


Aneka macam perlombaan: Talk Show dan penampilan dari peserta juga panitia Senyuman, memberikan kesan yang tidak membosankan bagi peserta kegiatan. “Salah satu hal yang bikin aku kagum itu, acara Senyuman ini pakai tenda. Jadi kayak mikirin banget anak-anaknya biar gak kepanasan,” ujar salah seorang peserta.


Ketua panitia Senyuman, Faiz Fauzurrahman menjelaskan, yang membuat betah para siswa itu adalah sajian acaranya bervariasi. Seperti ada Panggung Senyuman, Mentoring, orientasi medan, temu bintang tamu, General Motivation, Senyuman Awards, Senyuman Gallery, Ifthor On The Road, perlombaan-perlombaan dan banyak kegiatan lainnya yang tujuannya untuk memeriahkan bulan suci Ramadhan.


“Sebenarnya, kegiatan Senyuman memiliki kekhasan, meskipun banyak acara pesantren kilat yang digelar di seluruh wilayah Indonesia,” ungkap Faiz, usai acara Closing Ceremony, Sabtu (15/04/2023).  


Selain untuk memeriahkan euforia Ramadhan, Senyuman bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta. Sesuai dengan tema yang diusung “Fokus Pemuda pada Era Ini”, diharapkan peserta dapat menerima materi-materi yang disampaikan melalui banyak metode, salah satu di antaranya mentoring. 


Hakikatnya, lanjut Faiz, Senyuman adalah sebagai upaya menyebarkan dakwah Islam yang dikemas lebih menarik oleh pada santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah di seluruh penjuru Nusantara, khususnya pada kegiatan Senyuman yang diselenggarakan di Cimahi, Jawa Barat.


Dijelaskan,  Nusantara adalah organisasi yang menaungi seluruh kegiatan pesantrem kilat yang tersebar di seluruh Indonesia. Dan, pada periode kali ini, Nusantara telah berjalan selama sembilan tahun, dan yang diyakini akan terus eksis untuk tahun-tahun berikutnya.


Kepala SMPN 1 Cimahi, Sri Mulyaningsih, S.Pd., M.Pd. sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan para santri Pondok Pesantren Husnul Khotimah asal Bandung Raya ini. Ia melihat para siswa sangat serius dan antusias mengikuti setiap rangkaian acara Senyuman. Selain metode penyampaian materi dikemas lebih menarik, para santri (panitia) pun sangat lekat dengan para siswa. 


“Kegiatannya sangat keren dan meriah, sehingga para siswa tidak jenuh mengikuti setiap rangkaian acara pesantren kilat ini,” kata Sri Mulyaningsih.