4 Penjual Cireng di Bandung, Cemilan Khas Sunda yang Populer di Indonesia

Notification

×

Iklan

Iklan

4 Penjual Cireng di Bandung, Cemilan Khas Sunda yang Populer di Indonesia

Minggu, 14 Mei 2023 | 14:16 WIB Last Updated 2023-05-14T07:16:39Z


NUBANDUNG.ID
- Cireng adalah cemilan khas Sunda yang cukup populer di berbagai daerah di Indonesia. Bahan baku pembuatan cireng yatu tepung kanji (aci) yang digoreng.


Biasanya cireng dibuat dengan beragam variasi bentuk dengan kombinasi isi dan rasa. Saat ini cireng mudah ditemui, mula dari pedagang kaki lima hingga sekelas kafe dan restoran.


Terlebih lagi, cireng kerap membuat penikmatnya merasa ketagihan untuk mencicipinya. Nah, bagi kamu yang ingin berburu menu cireng di Bandung untuk camilan buka puasa, 4 jajanan cireng ini bisa dipilih.


Dikutip dari laman TribunTravel, berikut rangkumannya yang telah dihimpun:


1. Cireng Ojay


Cireng Ojay berlokasi di Jalan Ahmad Yani Gang Masjid No 3, Kota Bandung. Cireng dari bisnis rumahan ini tidak memiliki isi, justru lebih berbentuk agak bulat dan teksturnya juga sedikit tebal.


Seporsinya terdiri dari 10 cireng original yang dikemas menggunakan kotak paduan warna merah dan kuning. Cireng Ojay menggunakan kuah yang berwarna kehitaman atau serupa dengan kuah pempek.


Kuah itu dinamakan kuah ojay yang merupakan racikan asli dari Cireng Ojay. Untuk penambah rasa pedas, disediakan pula bubuk cabai kering sebagai sambalnya.


Permukaan cirengnya memang krispi, tapi begitu dikunyah terasa kenyal dan gurih di bagian dalamnya. Semakin enak dengan campuran kuah ojay dan bubuk cabe. Sehingga menghasilkan rasa yang berapadu manis dan pedas.


Aroma kuah ojaynya tidak menyengat sama sekali dan tanpa menggunakan campuran MSG. Tentu sangat aman dikonsumsi bagi semua kalangan.


Rumah produksi Cireng Ojay dibuka setiap hari pada pukul 09.00 hingga 20.00. Harga satu porsinya kamu cukup membayar Rp 20.000 saja. Sangat terjangkau bukan?


2. Cireng Bumbu Persib


Satu di antara penjual cireng yang mudah ditemui di Kota Bandung adalah Cireng Bumbu Persib. Cireng ini bisa kamu temukan di Jalan Kiaracondong, Kota Bandung, tepatnya di depan Griya Kircon.


Keunikan dari Cireng Bumbu Persib ini adalah cirengnya tidak memiliki isi dan teksturnya tidak tebal. Justru bentuknya gepeng dan hanya menggunakan bumbu kacang (saus) sebagai pelengkapnya.


Bagi kamu yang tertarik mencicipinya, satu porsi Cireng Bumbu Persib yang berisikan 12 cireng hanya dihargai Rp 5.000 saja, wah sangat terjangkau bukan?


Cireng Bumbu Persib Kircon buka setiap hari pada pukul 10.00 WIB - 21.00 WIB.


3. Cireng Cipaganti


Sesuai namanya, jajanan pinggir jalan ini berlokasi di kawasan Cipaganti, tepatnya di Jalan Lamping, Cipaganti, Kota Bandung. Usaha Cirreng Cipaganti yang dirintis sejak 1990-an ini, diklaim sebagai pelopor 'cireng isi' pertama di Kota Bandung.


Cireng ini khas dengan isi saus kacangnya yang lembut, begitu dikunyah, lelehan saus kacangnya terasa lumer di mulut. Satu porsi cireng saus kacang matang yang berisikan enam cireng hanya dihargai Rp 12.000.


Cireng Cipaganti buka setiap harinya dari pukul 13.00 WIB - 21.00 WIB.


4. Cireng Galing Nyinden


Jika kamu ingin mencicipi cireng yang bikin ketagihan, datang saja ke Cireng Galing Nyinden. Cireng di sini terkenal dengan beragam rasanya, seperti terasi, cengek, keju, oncom, kornet, dan tentunya original.


Cireng Galing Nyinden pun aktif di komunitas foodtruck Bandung. Dengan mobilnya, Cireng Galing Nyinden kerap mengikuti berbagai festival kuliner di berbagai kota seperti Jakarta, Bogor, Tangerang, Bekasi, dan Karawang.


Untuk foodtruck, Cireng Galing Nyinden bisa dikunjungi di Jalan Lombok No 10 atau parkiran stadion Siliwangi setiap Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu, dan Minggu. ***(RTF/TribunTravel)