3 Kawasan Unik di Bandung, Cocok Jadi Tujuan Wisata "Urban Tourism"

Notification

×

Iklan

Iklan

3 Kawasan Unik di Bandung, Cocok Jadi Tujuan Wisata "Urban Tourism"

Kamis, 07 September 2023 | 19:14 WIB Last Updated 2023-09-07T12:14:32Z


NUBANDUNG.ID
-- Kota Bandung merupakan kota yang tak boleh dilewatkan. Kenapa? Karena di balik udara Bandung yang sejuk, tersembunyi juga berbagai macam keunikan yang menarik untuk kamu telusuri!


Tidak heran apabila ada pepatah mengatakan bahwa “Bandung diciptakan saat Tuhan sedang tersenyum”. Ini artinya, di balik keindahan kota serta jutaan cerita di dalamnya, terdapat beberapa fakta unik kota bandung yang perlu kamu ketahui.


Beberapa kawasan di bawah ini menjadi fakta unik tentang kota Bandung, yang memiliki kombinasi menarik antara budaya, seni, kuliner, dan keindahan alam yang membuatnya menjadi tujuan yang menarik untuk dikulik.


1. Kawasan Asia Afrika 


Berkunjung ke Tanah Pasundan tak lengkap tanpa mengunjungi Jalan Asia-Afrika, Bandung. Jalan bersejarah di Kota Kembang ini merupakan spot favorit bagi wisatawan saat berlibur di Kota Bandung. Pasalnya, jalan ini menghadirkan wisata bernuansa tempo dulu yang kental dengan bangunan Art Deco yang klasik.


Jalan Asia-Afrika ini pun disebut sebagai titik 0 (Nol) kilometer, awal pusat perkembangan di kota Paris Van Java ini. Pada waktu itu pemerintahan Bandung yang berada di wilayah Krapyak atau Dayeuh Kolot dipindahkan ke wilayah ini pada 1810. Jalan Asia-Afrika menjadi salah satu kawasan bersejarah dan pusat Kota Tua di Bandung.


Dan untuk saat ini banyak sekali warga local maupun turis yang menjadikan Kawasan Asia Afrika sebagai destinasi wisata, selain banyak sekali spot foto yang keren, Kawasan ini juga menyediakan banyak wisata kuliner mulai dari jajanan khas bandung hingga makanan berat pun bisa ditemukan di sini.


2. Kawasan Braga


Braga merupakan jalan utama di Kota Bandung yang sudah dikenal sejak masa pemerintahan Hindia Belanda. Jalan Braga menjadi maskot dan ciri khas bagi Kota Bandung. Kawasan ini dikenal dengan julukan “Parijs van Java” yang berarti Paris-nya Jawa. 


Sepanjang Jalan Braga terdapat pertokoan dengan arsitektur kuno yang tetap dipertahankan sejak zaman Belanda. Kawasan Braga sempat mengalami renovasi dengan tanpa mengubah bentuk aslinya, dimana bangunan-banguna kuno tetap berdiri. 


Sepanjang Jalan Braga menggunakan paving blok yang menguatkan jalan ini mirip seperti di Kota Paris. Sampai saat ini Jalan Braga tidak pernah sepi pengunjung baik pada hari biasa maupun hari libur, terlebih karena lokasinya berada di pusat kota Bandung. 


Dan sekarang pun di sepanjang jalanan braga banyak sekali café – café kekinian yang menjadi daya tarik untuk anak muda seperti coffeeshop, ice cream café dan juga ada photobox yang sangat keren.


3. Kawasan Dago


Siapa yang tidak mengetahui nama Dago, salah satu jalan paling terkenal yang ada di Kota Bandung, Jawa Barat. Dago sendiri saat ini merupakan kawasan pusat kuliner dan belanja di Bandung.Di sepanjang jalan ini banyak ditemukan rumah makan, kafe, butik, toko-toko hingga pusat perbelanjaan. 


Sejarahnya, Dago berasal dari kata Bahasa Sunda dagoan yang artinya tunggu. Ariyono Wahyu Widjajadi, pegiat Komunitas Aleut Bandung mengatakan pada zaman dulu lokasi tersebut merupakan tempat antar warga saling menunggu. 


Dan pada saaat ini Jalan Dago menjadi salah satu tujuan wisata warga lokal maupun turis dari luar bandung, dan di malam hari pun jalanan Dago ini terlihat sangat indah dengan lampu jalan yang klasik dan juga terdapat meja dan kursi di pinggir jalan yang cocok menjadi tempat anak – anak muda untuk nongkrong dan menikmati indahnya Dago.***