Pilih Tinggal di Bogor atau Bandung, Enakan Mana Sih?

Notification

×

Iklan

Iklan

Pilih Tinggal di Bogor atau Bandung, Enakan Mana Sih?

Jumat, 22 September 2023 | 13:48 WIB Last Updated 2023-09-22T06:48:36Z


NUBANDUNG.ID
-- Bingung pilih tinggal di Bogor atau Bandung karena sama-sama menawarkan lingkungan yang nyaman? Sebaiknya simak perbandingan kedua kota ini dulu, ya!


Baik Kota Bogor maupun Kota Bandung, dua-duanya sama-sama terletak di dataran tinggi yang menjadikan suasananya relatif sejuk. Oleh karena itu, rata-rata tujuan utama orang-orang yang bermigrasi ke dua kota ini adalah mencari lokasi tinggal yang nyaman dengan lingkungan yang asri.


Meski demikian, jika dilihat dari beberapa aspek, dua kota ini ternyata memiliki perbedaan yang cukup signifikan. Jadi, kalau kamu ragu pilih tinggal di Bogor atau Bandung untuk tempat menetap, simak dulu perbandingan berikut ini.


Kelebihan Tinggal di Bogor


1. UMK Tinggi


Apabila dibandingkan dengan Kota Bandung, salah satu keunggulan utama dari tinggal di Kota Bogor adalah upah minimum kabupaten/kota  (UMK) yang lebih tinggi.


Bahkan bisa dibilang kalau selisih upah minimumnya cukup jauh. Pada tahun 2021, UMK Kota Bogor ditetapkan sebesar Rp4.169.706,58, sedangkan untuk Kabupaten Bogor sebesar Rp4.217.206.


2. Dekat dengan Jakarta


Bogor termasuk dalam wilayah Jabodetabek, yakni area metropolitan Jakarta sekaligus berstatus sebagai kota penyangga dari ibu kota Indonesia itu sendiri.


Jarak Bogor-Jakarta sendiri bisa dibilang sangat dekat, hanya berjarak sekitar 60 km saja. Berkat letaknya yang berdekatan dengan Jakarta, di Bogor pun banyak berkembang hunian-hunian berbasis transit oriented development (TOD).


Apabila dibandingkan jaraknya, jarak Bandung-Jakarta sekitar 150,9 km dengan kisaran waktu tempuh sekitar 2 jam via tol.


3. Memiliki Banyak Tempat Wisata


Secara geografis, Bogor terletak di dataran tinggi dekat dengan Cianjur dan Sukabumi. Bogor sendiri mendapat julukan Kota Hujan karena memiliki intensitas hujan yang tinggi dan turunnya tak terduga.


Dengan kondisi geografisnya yang seperti itu, kota ini menawarkan banyak tempat wisata menarik yang sering menjadi tujuan orang-orang kota. Beberapa tempat wisata di Bogor yang paling terkenal adalah Puncak Bogor, penangkaran rusa, dan berbagai macam curug.


4. Harga Properti yang Terjangkau


Meskipun Bogor berdekatan dengan Jakarta dan berstatus sebagai kota penyangga, ternyata masih banyak ditemui harga properti yang terjangkau. Di Kota Hujan tersebut, masih sangat mungkin menjumpai rumah dijual dengan kisaran harga Rp200 juta atau bahkan di bawahnya.


Kelebihan Tinggal di Bandung


1. Suasana Lebih Sejuk


Salah satu hal menarik dari Kota Bandung adalah letak geografisnya yang berada di dataran tinggi, sama halnya seperti Kota Bogor. Kendati demikian, ternyata Bandung memiliki udara yang lebih sejuk dibanding Bogor.


Walaupun Bogor terletak di dataran tinggi dan memiliki intensitas hujan yang juga tinggi, nyatanya udaranya lebih panas dibandingkan dengan Bandung.


2. Memiliki Banyak Tempat Wisata


Bandung terkenal dengan destinasi wisatanya yang sangat beragam dan wisata alam menjadi unggulannya. Beberapa kawasan destinasi wisata alam paling terkenal dari Kota Kembang adalah Lembang, Ciwidey, dan Pangalengan.


3. Gudangnya Perguruan Tinggi Terbaik


Selain dikenal sebagai destinasi wisata, Bandung juga dikenal sebagai destinasi pendidikan karena menjadi gudangnya perguruan tinggi ternama. Beberapa perguruan tinggi populer di Bandung di antaranya adalah Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Padjadjaran (Unpad), dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).


4. Surga Kuliner


Dengan banyaknya destinasi wisata yang dimiliki, tentu tak lengkap jika tidak ada kuliner yang menarik. Demikian Bandung, kota tersebut juga menjadi surga kuliner para wisatawan. Salah satu destinasi wisata kuliner terkenal di Bandung adalah kawasan Punclut.***