Amal Baik Mengundang Rahmat Allah

Notification

×

Iklan

Iklan

Amal Baik Mengundang Rahmat Allah

Senin, 01 April 2024 | 09:55 WIB Last Updated 2024-04-01T02:55:57Z


Oleh : Idat Mustari


NUBANDUNG.ID -- Dari Abu Hurairah -raḍiyallāhu 'anhu-, ia berkata, Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Allah menjadikan rahmat itu seratus bagian. Sembilan puluh sembilan Dia tahan di sisi-Nya, sedangkan satu bagian ia turunkan ke bumi. Dari satu bagian itulah semua makhluk saling menyayangi hingga kuda mengangkat kakinya karena khawatir menginjak anaknya.” (HR. Bukhari-Muslim).


Maka jelas sudah bahwa segala peristiwa yang kita jalani, rasakan, atau dengar semuanya karena Rahmat Allah. Cinta kasih orang tua kepada anaknya. Suami kepada istrinya atau sebaliknya. 


Rasa kasih pada sesama manusia itu semua karena Rahmat Allah. Dan itu hanya baru satu Rahmat Allah yang diturunkan ke bumi. 99 Rahmat lagi Allah tahan, yang akan disempurnakan pada hari kiamat.


Rahmat Allah pula yang sejatinya kita harapkan.  Yang menyelamatkan kita kelak di hari kebangkitan bukan amal-amal kita melainkan Rahmat Allah. 


Dalam sebuah hadis. Rasulullah saw bersabda,” “Tidak ada amalan seorangpun yang bisa memasukkannya ke dalam surga, dan menyelematkannya dari neraka. Tidak juga denganku, kecuali dengan rahmat dari Allah” (HR. Muslim ).


Tentu saja hadis ini tidak berarti tak perlu beramal baik, cukup saja berdoa memohon rahmat Allah. Tentu tidak seperti itu, sebab Rahmat Allah hanya dekat dengan orang yang berbuat kebaikan. “Sesungguhnya rahmat Allah sangat dekat kepada orang yang berbuat kebaikan.” (QS. Al- A’raff : 56).


Bagi para pendosa seperti kita, hanya satu jalan untuk mengundang rahmat Allah yakni dengan melakukan yang bermanfaat bukan saja untuk dirinya tetapi juga untuk orang lain. Itulah yang disebut amal saleh. Jika kita hari ini bekerja di perusahaan maka berilah yang terbaik bagi perusahaan itulah amal saleh. 


Jika punya harta yang lebih maka bangunlah masjid, pasantren, itulah amal saleh.Jika hanya bisa mengcopy paste tulisan orang lain kemudian disharekan ke group lainnya, itu amal saleh. 


Membuang paku di jalan agar ban mobil orang lain selamat, itu amal saleh. Mengajarkan alif,ba,ta,tsa atau iqra ke anak anak kecil dikampung, itu amal saleh. Membantu menyebrangkan orang, itu amal saleh.


Pokoknya sesuatu yang kita lakukan karena niat baik, sesuatu yang baik bagi orang lain, lingkungan terkecil (keluarga) hingga besar, itulah amal saleh.Amal saleh yang dilakukan oleh seseorang yang mengundang turunnya Rahmat Allah. 


Semoga Allah memberi kemampuan kepada kita untuk beramal saleh. Wallahu’alam


*Penulis Buku ' Bekerja Karena Allah ' dan Komisaris BPR Kerta Raharja..