Manfaat Nutrisi Daging Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Notification

×

Iklan

Iklan

Manfaat Nutrisi Daging Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Minggu, 10 Juli 2022 | 16:08 WIB Last Updated 2022-07-10T09:08:46Z

NUBANDUNG.ID – Daging sapi tergolong daging yang banyak dikonsumsi masyarakat dunia karena kelezatan dan kandungan nutrisinya.

Ya, umumnya daging ternak ini dikategorikan sebagai daging merah. Istilah ini digunakan untuk daging mamalia yang mengandung jumlah zat besi lebih tinggi daripada ayam atau ikan.

Biasanya masyarakat dunia mengonsumsinya sebagai daging panggang, iga atau steak. Dalam pengolahannya, daging mamalia ini juga bisa digiling atau dicincang dan roti daging sapi giling sering digunakan dalam hamburger. 

Sementara itu, jika dilihat dari produk olahannya juga beragam, antara lain kornet, dendeng, dan sosis.

Daging sapi segar tanpa lemak kaya akan berbagai vitamin dan mineral, terutama zat besi dan seng. Olah karena itu, asupan daging sapi dalam jumlah sedang dapat direkomendasikan sebagai bagian dari diet sehat.

Fakta Kesehatan nutrisi Daging Sapi


Dikutip dari healthline, daging sapi terutama terdiri dari protein dan jumlah lemak yang bervariasi. Berikut adalah fakta nutrisi untuk porsi 3,5 ons (100 gram) daging sapi giling panggang dengan kandungan lemak 10%.

- Kalori: 217
- Air: 61%
- Protein 26,1 gram
- Karbohidrat: 0 gram
- Gula: 0 gram
- Serat: 0 gram
- Lemak: 11,8 gram

Protein


Daging—seperti daging sapi—sebagian besar terdiri dari protein. Kandungan protein tanpa lemak yang dimasak sekitar 26 – 27 %. Protein hewani biasanya berkualitas tinggi, mengandung sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Sebagai bahan penyusun protein, asam amino sangat penting dari sudut pandang kesehatan. Komposisinya dalam protein sangat beragam, tergantung pada sumber makanannya. Tak hanya itu, daging merupakan salah satu sumber protein makanan paling lengkap, yakni profil asam aminonya hampir identik dengan otot manusia.

Untuk alasan ini, mengonsumsi daging—atau sumber protein hewani lainnya—mungkin bermanfaat khusus setelah operasi dan pemulihan seorang atlet. Dikombinasikan dengan latihan kekuatan, ini juga membantu menjaga dan membangun massa otot.
Lemak

Jumlah lemak dalam daging sapi tergantung pada tingkat pemangkasan dan usia, jenis, jenis kelamin, dan pakan ternak. Produk daging olahan, seperti sosis dan salami, cenderung tinggi lemak. Umumnya daging tanpa lemak mengandung sekitar 5 – 10% lemak.

Vitamin dan mineral


Di dalam daging sapi terdapat sejumlah vitamin dan mineral, antara lain:

Vitamin B12. Makanan yang berasal dari hewan, seperti daging, adalah satu-satunya sumber makanan yang baik dari vitamin B12. Ini adalah nutrisi penting untuk pembentukan darah dan otak serta sistem saraf.

Seng. Daging sapi sangat kaya akan seng, mineral penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Selenium. Elemen penting ini penting untuk melayani berbagai fungsi organ dalam tubuh.

Niasin. Salah satu vitamin B, niasin (vitamin B3) memiliki berbagai fungsi penting dalam tubuh. Asupan niasin yang rendah telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung.

Vitamin B6. Sebagai keluarga vitamin B, vitamin B6 penting untuk pembentukan darah dan metabolisme energi.

Fosfor. Asupan fosfor penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

Nah, itulah nutrisi yang terkandung dalam daging sapi. Pada momentum Hari Raya Iduladha, bagaimana Anda mengolahnya?